Wednesday, August 17, 2011

Contoh Laporan Pertanggungjawaban PPDB



I.              Nama Kegiatan            
            Nama kegiatan yang dilaksakan adalah Penerimaan Peserta Didik Baru di  SMK Tri Karya Husada Tasikmalaya  Tahun Ajaran 2011/2012

II.            Waktu Pelaksanaan
            Untuk waktu pelaksanan kegiatan yaitu dimulai dari tanggal 3 Pebruari sampai dengan bulan Juli 2011.


III.          Susunan Panitia
            Adapun susunan panitia untuk kegiatan penerimaan peserta didik baru ini adalah sebagai berikut :
              Pelindung                   :  Ketua Yayasan Tri Karya Husada Tasikmalaya
                                                     (Drs. H. Eddy S, Apt.,MM)
              Penasehat                   :  Kepala SMK Tri Karya Husada Tasikmalaya
                                                     (Gugi Gerindra, SE.Ak.)
              Penanggungjawab      :  Wakasek Kurikulum
                                                     (Siska Roswandani,  S.Farm.,Apt.)
              Ketua Pelaksana         :  Eli Rosliah, S.Pd.
              Sekretaris                   :  Nia Nurjanah, Amd. Kom.
              Bendahara                  :  Astie Halima, S.Farm.,Apt.
              Seksi  Pendaftaran     :  Herni Nuraeni
              Seksi Promosi             :  -    Drs. Asep Dedi
-       Arief Rahman Hakim, S.Pd.
-       Venny Andyana, S.Farm,.Apt.
              Seksi Pelaksanaan      :  -    Yuliana
Tendi K
              Seksi Perlengkapan    : -    Arief Rusmanto, Amd.Kom.
-   Dadang Suryaman



IV.           Rincian Kegiatan          :
a.     Sosialiasi :
           Sosialisasi Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru berupa penyebaran brosur, famplet dan presentasi ke sekolah-sekolah diantaranya :
1.                             
SMP NEGERI   2   Tasikmalaya
2.                             
SMP NEGERI   3   Tasikmalaya
3.                             
SMP NEGERI   4   Tasikmalaya
4.                             
SMP NEGERI    5  Tasikmalaya
5.                             
SMP NEGERI    6  Tasikmalaya
6.                             
SMP NEGERI     7 Tasikmalaya
7.                             
SMP NEGERI    8  Tasikmalaya
8.                             
SMP NEGERI   9   Tasikmalaya
9.                             
SMP NEGERI   10   Tasikmalaya
10.                         
SMP NEGERI   11  Tasikmalaya
11.                         
SMP NEGERI   12  Tasikmalaya
12.                         
SMP NEGERI    13 Tasikmalaya
13.                         
SMP NEGERI  14   Tasikmalaya
14.                         
SMP NEGERI   15  Tasikmalaya
15.                         
SMP NEGERI  16   Tasikmalaya
16.                         
SMP NEGERI    17  Tasikmalaya
17.                         
SMP NEGERI  18   Tasikmalaya
18.                         
SMP NEGERI  19   Tasikmalaya
19.                         
SMP NEGERI   20  Tasikmalaya
20.                         
SMP NEGERI   21  Tasikmalaya
21.                         
MTsNEGERI   Cilendek  Tasikmalaya
22.                         
MTs Sambongjaya      Tasikmalaya
23.                         
SMP NEGERI  1   Manonjaya
24.                         
SMP NEGERI  I   Cisayong
25.                         
MTs Cisumur Kawalu Tasikmalaya
26.                         
MTs Negeri Nagarakasih – Kawalu

b.     Pendaftaran :
Pelaksanaan pendaftaran dibagi menjadi 2 gelombang yaitu :
o    Gelombang ke I tanggal 20 Febuari – 30 Mei 2011
o    Gelombang ke II tanggal 1 Juni – 4 Juli 2011
Adapun jumlah  pendaftaran pada
Gelombang
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
I
4
31
35
II
2
5
7
Jumlah
6
36
42

Dengan rincian sekolah pendaftaran sebagai berikut :
No
Nama Sekolah
Jumlah Pendaftar
1.            
SMP NEGERI   2   Tasikmalaya
1
2.            
SMP NEGERI   3   Tasikmalaya
3
3.            
SMP NEGERI    5  Tasikmalaya
5
4.            
SMP NEGERI    6  Tasikmalaya
2
5.            
SMP NEGERI     7 Tasikmalaya
4
6.            
SMP NEGERI    8  Tasikmalaya
1
7.            
SMP NEGERI   9   Tasikmalaya
6
8.            
SMP NEGERI   11  Tasikmalaya
1
9.            
SMP NEGERI   12  Tasikmalaya
1
10.        
SMP NEGERI   15  Tasikmalaya
3
11.        
SMP NEGERI  19   Tasikmalaya
1
12.        
MTsNEGERI   Cilendek  Tasikmalaya
1
13.        
MTs Sambongjaya      Tasikmalaya
1
14.        
SMP NEGERI  I   Cikoneng - Ciamis
3
15.        
MTs Negeri Nagarakasih – Kawalu
1
16.        
SMP Nurul Amanah
1
17.        
MTs Taman Sari
2
18.        
MTs Persis
2
19.        
SMP NGERI 1 Sukaratu
1
20.        
SMP NEGERI 2 Sukaraja
1
21.        
SMP Muhamadyah Tasikmalaya
1

Jumlah
42

c.      Seleksi
           Untuk masuk ke SMK Tri Karya Husada Tasikmalaya dilaksanakan 2 kegiatan seleksi yaitu seleksi tulis dan tes kesehatan. Peserta yang mengikuti seleksi  adalah sebagai berikut :
Gelombang
Seleksi
Tanggal Pelaksanaan
Keterangan
Tulis
Kesehatan
I
26
26
31 Mei – 1 April 2011
9 orang tidak mengikuti tes dan dinyatakan tidak lulus
II
8
8
4 – 5 Juli 2011
1 orang dari gel I
Jumlah
34
34



d.     Jumlah  Peserta Didik Baru
           Jumlah Peserta didik baru yang dinyatakan lulus dan diterima SMK Tri Karya Husada Tasikmalaya untuk Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 28  orang terdiri dari :
Laki-laki                     6 orang
Perempuan               22 orang
Siswa yang tidak melakukan registrasi ulang sebanyak  14 orang .






V.           Biaya
No
Uraian
Debet
Kredit
I
Pemasukan




1
Pemasukan dari pendaftaran
Rp.
3.990.000
Rp.
-
2
Pinjaman dari Yayasan
Rp.
2.614.000
Rp.
-






II
Pengeluaran




1
Biaya promosi
Rp.
-
Rp.
1.643.400
2
Biaya perlengkapan
Rp.
-
Rp.
2.009.500
3
Biaya pelaksanaan seleksi
Rp.
-
Rp.
    574.000
4
Kepanitiaan
Rp.
-
Rp.
   720.000
5
Konsumsi Rapat
Rp.
-
Rp.
   455.300

Jumlah
Rp.
6.604.000
Rp.
5.402.200

Saldo

-
Rp.
1.201.800

Jumlah
Rp.
6.604.000
Rp.
6.604.000
Keterangan :





Pinjaman dari  Yayasan
Rp.
2.614.000



Dari Saldo
Rp.
1.201.800



Sisa pinjaman
Rp.
1.412.200


                
VI.         Evaluasi
          Evaluasi Pelaksanaan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Ajaran 2011/2012 di SMK Tri Karya Husada Tasikmalaya ini, diantaranya
1.      Keadaan / kinerja Panitia
a.      Kinerja dari Panitia masih belum maksimal karena masih saling mengandalkan antara orang-orang dalam anggota kepanitian. 
b.      Petugas untuk sosialisasi belum berjalan sepenuhnya meskipun sudah dibuatkan jadwal (tidak sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat).



2.     Sistem penyampain informasi
Penyampaian informasi belum maksimal, hal ini dapat disebabkan oleh :
a.         Penyampaian informasi dari petugas itu sendiri, kemungkinan tidak dimengerti oleh siswa dari sekolah yang dikunjungi.
b.         Waktu penyampaian yang disediakan pihak sekolah sangat terbatas.
c.          Tempat dan peralatan dari sekolah yang dikunjungi kurang memadai.
3.     Respon dari sekolah yang dikunjungi
Untuk respon dari sekolah yang dikunjungi rata-rata ditanggapi dengan baik.
4.     Pendekatan kepada guru BP/BK
Pendekatan kepada guru BP / BK dari sekolah yang dikunjungi di tanggapi dengan baik tapi masih ada beberapa sekolah yang saling tunjuk guru BP/BK nya sehingga menyulitkan kami untuk menghubunginya dan kurang sosiaslisasi untuk mengarahkan siswa-siswinya.
5.     Penyebaran pamflet dan brosur
Penyebaran pamflet dan brosur, dirasakan cukup efektif dikarena tidak perlu waktu yang lama, dan minimal 30% siswa membaca isi pamflet / brosur.
6.     Pemasangan spanduk
Pemasangan spanduk sudah cukup baik karena spanduk dipasang di titik yang potensial sehingga dapat dibaca dengan jelas. Sosialisasi melalui kakak kelas
Sosialisasi melalui kakak kelas kurang berjalan hal ini disebabkan karena “penekanan” secara khusus kepada kakak kelas juga waktu menjelang ulangan umum.
7.     Melibatkan alumnus dari masing-masing sekolah
Sosialisasi dengan melibatkan almunus dari masing-masing sekolah tidak berjalan hal disebabkan dari panitia sendiri yang tidak melibatkannya.
8.     Wakktu sosialisasi
Waktu pelaksanaan sosialisasi perlu direncanakan lebih matang lagi sehingga tidak mengganggu kegiatan siswa di sekolah yang dikunjungi dan lebih efektif.
9.     Team sosialisasi (administrator untuk komunikasi)


VII.       Penutup
                   Laporan pertanggungjawaban ini telah selesai kami susun, meskipun tentunya masih banyak  kekurangan dalam penyusunan, baik dari sistematika penulisan maupun isinya, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan di masa yang akan datang.
                   Ada pepatah “tak ada gading yang tak retak” begitulah dalam penyusunan laporan ini, dan pada kesempatan ini kami dari Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan-rekan atas  partisipasi membantu kami dalam pelaksanaan seluruh rangkaia kami  kegiatan ini.
                   Demikian laporan pertanggungjawaban ini, semoga dapat menjadi manfaat untuk kegiatan di masa yang akan datang.

  Tasikmalaya,   Juli 2011 
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Gugi Gerindra, SE.Ak 

Ketua Panitia PPDB



Eli Rosliah,  S.Pd
Menyetujui,
Ketua Yayasan Tri Karya Husada



                                                  Drs. H. Eddy Suhardiana, Apt., MM

2 comments: